Cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Mata adalah salah satu dari panca indra manusia. Kita semua tahu, betapa sangat pentingnya mata bagi kita. Tanpa mata, kita tidak akan pernah bisa melihat indahnya alam semesta. Memiliki mata yang sehat adalah nikmat dari Tuhan yang harus kita syukuri. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia, tidak bisa dipungkiri jika terjadi gangguan- gangguan pada mata. Berbagai jenis jenis penyakit mata yang sudah sangat umum misalnya rabun jauh, rabun dekat, glukoma, katarak, mata minus dan buta warna. Nah, bagaimana caranya agar mata kita tetap sehat ?

Cara menjaga kesehatan mata

Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan mata agar tetap sehat.

1.  Banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A
Buah dan sayuran yang mengandung vitamin a sangat untuk menjaga kesehatan mata. Buah yang mengandung vitamin A misalnya apel, pisang, tomat,pepaya. Sayuran yang mengandung vitamin A misalnya Wortel. Beta karoten yang terkandung dalam wortel sangat berguna untuk membantu menjaga kesehatan mata. Beta karoten adalah antioksidan yang berguna untuk mengurangi degenerasi makula. Selain wortel , kacang panjang, semanggi, kangkung, labu kuning, terong juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

2. Hindari memakai lensa kontak terlalu lama
Jangan memakai lensa kontak lebih dari 19 jam. Memakai lensa kontak yang terlalu lama bisa menyebabkan iritasi dan kerusakan mata permanen. Pakailah kacamata jika diperlukan.

3. Kurangi pemakaian tetes mata
Tetes mata memang terbukti ampuh mengatasi mata merah. Meski demikian, pemakaian tetes mata harus dibatasi. Penggunaan tetes mata yang terlalu sering justru akan merusak kesehatan mata.

4. Kompres mata dengan mentimun
Terlalu lama di depan layar komputer bisa menyebabkan mata lelah yang ditandai munculnya lingkaran hitam dan kantung mata.
Mentimun sangat baik untuk mengompres mata lelah. Letakkan irisan mentimun yang dingin di atas kelopak mata selama lebih kurang 15 menit sebelum tidur di malam hari.

5. Lakukan terapi lilin.
Mengeluarkan banyak air mata ternyata berguna untuk mengeluarkan kotoran mata. Hal ini bisa dilakukan dengan terapi lilin. Cara melakukan terapi lilin yaitu dengan menyalakan sebatang lilin kemudian menatap api lilin tanpa berkedip sampai mata banyak mengeluarkan air mata. Lakukan terapi ini 4 kali seminggu.

6. Menjaga Jarak Pandang
Saat di depan layar komputer atau TV, usahakan jarak pandang sekitar 50-100cm. Ketika membaca buku juga demikian, jangan terlalu dekat , jarak yang ideal sekitar 30cm. Hindari membaca buku atau bermain gadget sambil tiduran.
Usahakan untuk tidak terlalu lama di depan computer. Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. bisa membuat mata lelah.

7. Pakailah pelindung mata
Pastikan untuk memakai kacamata atau pelindung mata lainnya ketika bekerja di dekat bahan kimia. Kenakan helm ketika berkendara untuk melindungi mata dari debu dan polusi.

8. Jangan membaca dalam cahaya redup
Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca di tempat yang kurang terang karena bisa menyebabkan ketegangan mata. Ketika mata terasa mulai lelah, berhentilah sejenak untuk beristirahat agar kita terhindar dari gangguan rabun apalagi di jaman kemajuan teknologi seperti sekarang ini.

9. Jangan menatap cahaya matahari secara langsung
Cahaya matahari sangat kuat, menatap cahaya matahari secara langsung dapat menyebabkan kerusakan pada mata.  Pakailah kacamata hitam UV. Kacamata hitam ini digunakan untuk melawan paparan sinar matahari.

10. Senam mata
Senam mata sangat baik dilakukan karena dapat menguatkan sekaligus melenturkan otot mata. Cara untuk melakukan senam mata adalah pandangan lurus ke depan, kemudian secara perlahan-lahan pandang ke arah atas dan pertahankan selama 15 detik.Kemudian gerakkan bola mata seperti semula dan pertahankan selama 15 detik. Selanjutnya lakukan gerakan mata ke arah bawah kemudian gerakkan mata melirik ke kanan dan ke kiri. Setelah gerakan ini selesai dilakukan selanjutnya gerakkan bola mata memutar searah jarum jam. Lakukan 2 kali. Kembalikan pandangan lurus ke depan dan pertahankan selama 15 detik. Selanjutnya gerakkan lagi bola mata memutar seperti tadi namun kali ini kebalikannya. Gerakannya  berlawanan dengan arah jarum jam. Lakukan senam mata sesering mungkin.

Itulah informasi mengenai cara menjaga kesehatan mata agar tetap sehat. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Rania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *