Keajaiban dan Manfaat Shalat Tahajud

Keajaiban dan Manfaat Shalat Tahajud

Shalat fardhu sudah menjadi kewajiban bagi umat Islam sebagai wujud penghambaan kepada اَللهُ سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى. Sedangkan sholat sunnah merupakan pelengkap (nawafil) untuk menutupi kekurangan atau kelemahan shalat wajib itu sendiri.

Shalat Tahajud dan Keutamaannya

Tahajud berasal dari kata tahajjada yang berpadan kata istaiqazha yang berarti terjaga, sengaja bangun atau sengaja tidak tidur. Dengan kata lain pengertian shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari setelah tidur.

Diriwayatkan, salah satu shalat sunnah yang sangat disukai Rasulullah صلى الله عليه وسلم  adalah shalat tahajud atau qiyamul lail. Shalat ini seakan menjadi bagian yang tak lepas dari kehidudan Rasulullah sejak perintahnya datang pertama kali melalui firman اَللهُ سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى :

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Dan pada sebagian malam hari shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. (QS Al-Isra : 79)

Adapun tata cara shalat tahajud sama seperti shalat sunnah pada umumnya, tetapi dikerjakan setelah tidur. Waktunya mulai dari setelah mengerjakan shalat isya’ sampai terbit fajar. Jumlah rakaatnya paling sedikit dua rakaat dan banyaknya tidak terbatas.

Tidak dapat dipungkiri, shalat tahajud dianggap sebagai ibadah shalat sunnah yang paling istimewa, karena seperti yang disebutkan dalam Alquran, Allah mengangkat pengamalnya ke tempat yang terpuji.

Mereka meyakini bahwa maqamam mahmudah (derajat atau posisi yang terpuji, baik di hadapan Allah maupun manusia lainnya ) merupakan salah satu keajaiban dan manfaat shalat tahajud ini.

Shalat Tahajud dan Hajat

Manusia hidup di dunia ini tidak pernah lepas dari keinginan-keinginan dan kebutuhan. Jika keinginan dan kebutuhan dapat dipenuhi dengan baik berarti tercapailah keseimbangan dan kepuasan. Namun pada kenyataannya seringkali keinginan-keinginan tersebut sulit sekali tercapai karena banyaknya hambatan dan rintangan.

Kesulitan-kesulitan dalam hidup itulah yang sering membawa manusia dalam keadaan stress. Penyelesaian yang tidak tepat, justru semakin memperburuk keadaaan. Solusi terbaik sebagai penawar stress adalah bangun di sepertiga malam terakhir, mendekatkan diri kepada Tuhan dengan cara bertahajud, bermunajat, menyampaikan segala keluh kesah kita hanya kepada Allah saja. Mudah-mudahan keinginan itu tercapai.

Mengapa Tuhan kita, Allah Azzaa wa Jalla menganjurkan kita shalat tahajud setelah bangun tidur pada malam hari ? Itulah kekuasaan Allah dan setelah diteliti oleh para ilmuwan baik dari dalam maupun luar negeri berdasarkan teori pikiran bahwa manusia pada saat bangun tidur di malam hari, gelombang otaknya masuk pada gelombang alpha dan theta.

Gelombang alpha merupakan gerbang masuk ke pikiran bawah sadar (Unconscious Mind). Pada saat kita berada pada gelombang pikiran ini, pikiran kita sangat rileks, santai dan fokus karena pada otak memproduksi hormon kebahagiaan dalam jumlah yang banyak sehingga membuat pikiran dan jiwa kita tenang dan damai.

Pada saat kondisi pikiran masuk gelombang alpha, kita akan mudah mengalami kondisi yang khusuk. Jika saat itu kita mengerjakan shalat dan berdoa pada Tuhan, maka doa kita akan terkabul dengan sangat cepat.

Pancaran gelombang otak kita pada saat kita shalat tahajud dan berdoa setelah bangun tidur sangat kuat dan menurut LOA (Law Of Attraction) yaitu hukum alam sebab akibat tarik menarik, pancaran gelombang otak kita pada saat itu sangat kuat dan dapat menarik objek apapun yang kita inginkan.

Yang penting sebisa mungkin kita harus selalu berusaha mengakses pikiran bawah sadar ini naik menuju ke puncak tertinggi kesadaran (Super/Supra sadar). Karena pikiran supra sadar sangat selaras dengan hati dan jiwa kita sehingga muncul keyakinan yang kuat dan pikiran supra sadar ini yang menyampaikan permohonan kita kepada Tuhan dengan yakin.

Jika sudah yakin maka Tuhan perintahkan kepada alam semesta untuk segera merealisasikan doa kita, melalui orang atau objek yang telah ditentukan oleh Tuhan.

Tahajud dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Keajaiban dan manfaat shalat tahajud sudah tidak diragukan lagi bagi yang rutin menjalankannya. Shalat tahajud sangat dianjurkan untuk mendapatkan semua keinginan (hajat), baik kesehatan, spiritual, materi dan lain sebagainya.

Keterkaitan ibadah dengan kesehatan lebih sering kita dengar ketika membahas ibadah puasa. Namun ternyata, tidak hanya puasa saja yang memberikan manfaat bagi kesehatan pelakunya. Melalui penelitian secara ilmiah, tahajud pun juga diyakini mampu mengobati atau mengurangi bahaya dari berbagai penyakit.

Kekuatan dan kedahsyatan tahajud sudah lama diakui banyak kalangan, namun ternyata masih sedikit dari kita yang rutin menjalankannya, kendati demikian bermanfaat. Begitu banyaknya godaan yang membuat manusia malas mengerjakan shalat malam ini.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tahajud adalah solusi yang tepat untuk semua permasalahan kita dalam segala hal dan akan terselesaikan dalam waktu yang cepat.

Sudah banyak yang membuktikan keajaiban dan manfaat yang diperoleh dari shalat tahajud. Selain untuk kepentingan kita sebagai manusia, shalat tahajud juga merupakan wujud rasa syukur kita atas segala yang diberikan اَللهُ سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى kepada kita.

Itulah keajaiban dan manfaat shalat tahajud yang tidak terbantahkan. Semoga kita semakin rajin mengamalkannya. Dan semoga dengan tahajud, kita akan memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Aamiin

Baca juga:
Inilah Perbedaan Orang Kaya dan Pura-Pura Kaya

Rania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *