Tips Agar Kompor Menjadi Kinclong

Tips Agar Kompor Menjadi Kinclong

Siapa sih yang tidak ingin memiliki dapur yang bersih termasuk segala peralatannya. Faktanya dapur kita itu penuh dengan tumpukan piring kotor, panci, dan kompor yang biasa dipakai pun ikutan menjadi kotor.

Biasanya kompor yang kotor itu disebabkan oleh tumpahan sayur yang tidak segera dibersihkan. Ditambah lagi aktivitas goreng-menggoreng akibat percikan minyak. Jika tidak segera dibersihkan maka bisa membuat kompor menjadi kotor bahkan karatan.

Ketika kompor sudah sangat kotor tentu tidak sedap dipandang mata. Sedangkan membersihkan kompor terkadang tidak cukup dengan dilap saja. Noda membandel hingga karatan sering kali membuat kita jengkel.

Tentunya kita juga malu dong jika ada yang mengintip dapur kita yang berantakan terutama peralatan dapur yang sangat penting ini yaitu kompor.  Jika kompor susah dibersihkan maka biasanya kita mengambil langkah tegas dengan menggunakan benda tajam. Eits tunggu dulu. Jangan keburu marah dulu ya, di sini saya ingin berbagi tips agar kompor kembali kinclong.

Agar kompor kembali kinclong, perhatikan tips untuk membersihkan noda pada kompor yang dijamin langsung kinclong ini ya.

Agar kompor kembali kinclong, Anda perlu memersiapkan alat dan bahan sebagai berikut.

1. Sarung tangan
2. Kain lap
3. Baking soda
4. Air secukupnya

Setelah alat dan bahan tersedia, berikut ini adalah langkah-langkah pengerjaannya.

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengangkat dudukan burner pada kompor. Setelah itu, bersihkan permukaan badan kompor dengan kain kering.  Pakailah sarung tangan selanjutnya taburkan baking soda pada badan kompor yang terkena noda membandel.  Taburkan hingga merata. Jangan sampai ada yang terlewatkan. Pastikan semua noda sudah terkena baking soda.

Setelah semua noda tertutupi dengan baking soda, selanjutnya gosokkan baking soda secara merata. Tambahkan air secukupnya hingga membentuk pasta. Setelah itu, gosok secara halus agar tidak meninggalkan bekas goresan.  Gosok hingga noda menghilang.

Setelah noda menghilang, lap badan kompor dengan kain basah. Selesai mengelap, lanjutkan dengan kembali mengelapnya menggunakan kain kering. Bila dirasa sudah cukup kering, maka pasang kembali burner pada tempatnya. Selesai.

Itulah Tips Agar Kompor Kembali Kinclong. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Rania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *